Rabu, 17 Agustus 2016

Berubah Menjadi Lebih Baik

Sering kali kita mendengar seseorang ingin merubah prilaku hidupnya dari yang kurang baik menjadi lebih baik, atau mungkin justru kita sendiri yang pernah berpikiran seperti itu.
Pada saat keinginan itu muncul, rasanya ingin sekali kita segera perubahan itu berujud dalam kehidupan kita, misalkan kita ingin melakukan diet, menjadi lebih langsing, menjadi lebih cantik, dan seketika itu kita melakukan berbagai rencana atau program, tapi pertanyaannya sudah berapa sering kita membuat rencana untuk melakukan perubahan ? dan sudah berapa sering berbagai rencana perubahan itu hanya menjadi sebuah kenangan, dan akhirnya kita seolah hanya berjalan di tempat ?

Kenapa susah sekali untuk berubah ke arah yang lebih baik ? Ternyata bukan saja berubah ke arah yang baik, berubah ke arah yang tidak baik pun sama sulitnya. Jadi permasalahannya adalah bahwa ternyata kita itu merasa tidak nyaman jika ada sesuatu perubahan dalam kehidupan kita walaupun perubahan itu awalnya merupakan keinginan kita.

Ya mengapa berubah itu sulit, saya pernah mengikuti pelatihan / workshop mengenai bagaimana kita bisa mengelola/ menguasai diri, dalam kaitannya dengan perubahan, dalam workshop itu dikatakan bahwa jalan termudah untuk melakukan suatu perubahan maka kita harus mengerti dan memahami mekanisme pikiran.

Tubuh kita ini tersusun dari sebuah sistem organ dan sistem energi, dimana sistem tersebut bisa menghasilkan pikiran dan emosi, pikiran dan emosi inilah yang membuat kita merasakan sesuatu.

Jadi rasa sesuatu itu adalah produk dari pikiran kita, rasa gembira, rasa sedih, rasa takut, rasa berani, dan lain-lain adalah hasil kerja dari pikiran kita, sehingga jika kita mau merubah sesuatu dari kita, sama dengan sesuatu yang kita ingin rubah tersebut sudah tidak terasa nyaman dalam diri kita.

Jadi jika kita sudah merasa tidak nyaman dengan situasi dan kondisi yang kita rasakan saat ini, seperti merasa kegemukan, merasa kurang bahagia dan lain-lain, namun kita sulit sekali untuk merubahnya, itu berarti kita belum memahami bagaimana pikiran itu bekerja, bahkan memang kita jarang atau mungkin samasekali tidak pernah memahami bagaimana pikiran kita bekerja.

Nah jika kita benar-benar ingin melakukan perubahan dalam diri kita tapi sulit mewujudkannya, sudah bersusah payah tapi tidak ada hasil, maka sebelum kita melakukan perubahan itu sendiri ada baiknya kita mempelajari bagaimana pikiran itu bekerja.

Selamat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, semoga bisa berhasil .....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar